Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Aston Martin DB5 James Bond akan Dilelang

Berita Otomotif

Aston Martin DB5 James Bond akan Dilelang

CALIFORNIA - Aston Martin DB5 langka dengan fitur sama persis seperti yang dipakai James Bond di ‘Goldfinger’ segera dilelang.

DB5 tersebut dikabarkan akan dilelang oleh RM Sotheby’s di sebuah event di Pebble Beach, California pada Agustus mendatang. Mobil tersebut diperkirakan bisa laku jutaan dolar AS.

DB5 yang segera dilelang itu adalah satu dari dua unit yang dipesan khusus oleh Eon Production, rumah produksi di belakang dua film James Bond yakni ‘Goldfinger’ (1964) serta ‘Thunderball’ (1965). Mereka meminta mobil dengan penampakan maupun spesifikasi sama persis dengan yang dipergunakan oleh Bond di ‘Goldfinger’.

Dua mobil ini sendiri tidak dipakai sama sekali dalam proses syuting. Eon Production hanya menggunakannya untuk mempromosikan ‘Thunderball’.

Unit yang nantinya dilelang bernomor sasis DB5/2008/R. Selama lima dekade, mobil ini tercatat hanya memiliki tiga pemilik.

Meski berusia sekitar 5 dekade, seluruh fitur ala agen rahasia yang ada di dalamnya diklaim berfungsi dengan baik. Adapun fitur-fitur itu antara lain adalah kaca anti peluru yang bisa dinaik-turunkan, penyemprot oli yang membuat jalan menjadi amat licin, tempat pelat nomor kendaraan yang bisa berganti-ganti, smoke screen, kursi lontar, radar di dasbor, sampai tempat machine gun tersembunyi yang bisa muncul dari dalam kendaraan.

Seluruh fungsi dapat berjalan dengan baik karena DB5 James Bond yang ditawarkan sudah mengalami restorasi menyeluruh. Pengerjaannya berlangsung selama empat tahun dan selesai pada 2012.

Restorasi dilakukan oleh Roos Engineering di Swiss. Bengkel ini adalah satu dari hanya 13 fasilitas di seluruh dunia yang mendapat izin dari Aston Martin sebagai ‘Heritage Specialists’ atau bengkel yang dapat melakukan restorasi mobil-mobil Aston Martin lawas.

Mobil yang sama pernah menjalani lelang pada 2006. RM Sotheby’s ketika itu berhasil menjualnya dengan harga 2,09 juta dollar AS meski belum menjalani restorasi.

Kira-kira, berapa duit yang nantinya berhasil diraup saat DB5 James Bond ini sudah direstorasi penuh, ya? [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang